Labels

Kamis, 11 Oktober 2012

Jalannya Perang Dunia II


1.      Jalannya Perang

      Negara – negara yang terlibat dalam Perang Dunia II juga tidak jauh berbeda dengan perang Dunia I. Perang Dunia II dapat dikatakan merupakan ajang balas dendam bagi negara – negara yang kalah dalam PD I. negara – negara yang terlibat beragai dalam blok Sentral dan Blok Sekutu. Berikut ini negara – negara yang terlibat dalam PD II.
a.       Blok Sentral yaitu Jerman, Italia, Jepang, Australia, Rumania dan Finlandia.
b.      Blok Sekutu yaitu Inggris, Prancis, Rusia, RRC, Amerika Serikat, Austria dan Polandia.

Secara umum PD II dibagi dalam 3 tahapan berikut.
a.       Tahapan pertama, blok Sentral melakukan ofensif dengan tatik serangan kilat.
b.      Tahapan kedua, merupakan titik balik. Blok Sentral  bersifat defensive (bertahan) sedangkan blok Sekutu lebih banyak melakukan serangan.
c.       Tahapan ketiga, blok Sekutu mulai mencapai kemenangan.

      Pada awalnya Amerika Serikat bersikap netral. Akan tetapi setelah terjadi peristiwa Pearl Harbour tanggal 7 Desember 1941, AS menyatakan perang kepada Jepang. Sekutu membentuk komando gabungan yang dipimpin Jenderal Dwight Eisenhower. Pada tanggal 6 Juni 1944 terjadi pertempuran antara Sekutu dan Jerman di Normandia. Jerman dapat dipukul mundur.
      Sementara itu, wilayah Asia Pasifik membentuk pertempuran sendiri. Jepang berhasil menguasai Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Birma. Bahkan pada tanggal 27 Februari 1942 pertahanan Sekutu di Jawa dapat direbut Jepang. Peta kekuatan mengalami perubahan setelah terjadi pertempuran di Laut Karang. Pasukan Sekutu yang dipimpin Jenderal Douglas Mac Arthur dengan Laksamana Chester W. Nimit menyerbu Jepang sampai Pulau Okinawa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...